TIPS MEMBERSIHKAN RUMAH YANG TERKENA BANJIR

06 January 2020

Sebagian warga DKI harus menjalani hari pertama di tahun 2020 dengan menghadapi bencana banjir Jakarta. Banjir Jakarta antara lain dipicu hujan yang mengguyur sejak malam pergantian Tahun Baru 2020 membuat air yang tak tertampung di selokan meluber ke jalanan, perumahan, pusat perbelanjaan hingga ke perkantoran.

Kondisi diperparah dengan meluapnya air dari sejumlah kali dan sungai di Ibu Kota. Tak hanya Jakarta, bencana tersebut juga terjadi secara massif di wilayah Bogor, Bekasi, Tangerang dan Banten.

Berikut Tips Membersihkan Rumah Yang Tekena Banjir

1. Bersihkan Barang Terkontaminasi Lumpur

Langkah awal yang harus dilakukan bersihkan seluruh bagian rumah beserta seisinya dari lumpur yang masuk. Dianjurkan menggunakan semprotan kebun atau selang untuk membersihkan secara maksimal.

Komponen yang harus dilakukan pembersihan yaitu lantai, dinding, dan perabotan rumah.

2. Bersihkan Seluruh Permukaan

Setelah seluruhnya terbebas dari lumpur, bersihkan rumah beserta isinya dan permukaan perabotan. Disarankan membersihkan permukaan menggunakan air panas dan sabun pembersih.

Jika perlu, pakai disinfeksi dengan larutan 1/4 cangkir pemutih klorin per galon air untuk produk yang diberikan label desinfektan pembunuh kuman. Untuk memastikan tidak ada bakteri yang mengendap.

3. Peralatan Dapur

Rendam gelas atau piring yang berbahan porselen, plastik, dan enamel selama 10 menit menggunakan larutan desimfektan sebanyak dua sendok makan pemutih klorin per galon air panas.

Setelah itu keringkan dengan cara dianginkan dan jangan dilap menggunakan handuk. Sedangkan untuk yang berbahan perak seperti panci, peralatan logam, dan wajan bersihkan dengan cara direbus dalam air selama 10 menit.

Jangan menggunakan pemutih klorin dikarenakan cairan ini akan bereaksi dengan logam dan membuat warnanya menjadi gelap.

Perlu diingat, lemari atau rak penyimpan piring dan gelas juga perlu dibersihkan dengan larutan pemutih sebelum peralatan itu disimpan di dalamnya.

4. Bersihkan Furnitur dan Peralatan Rumah Tangga

Segera bawa furnitur seperti tempat tidur, karpet, dan pakaian ke luar untuk dikeringkan sesegera mungkin. Gunakan alat penghilang lembab jenis apapun untuk menghilangkan kelembapan.

Disarankan kasur, mainan, dan boneka jika sudah terkontaminasi oleh banjir sebaiknya dibuang.

Berkas-berkas penting seperti ijazah, buku, sertifikat, foto, dan lain-lain, bisa dibiarkan kering terlebih dahulu lalu baru dibersihan. Hal ini menghindari kerusakan yang terjadi karena benda ini mudah hancur.

Bersihkan dari lumpur dan simpan barang-barang tersebut di dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam freezer bebas es. Berguna untuk melindungi dari jamur dan kerusakan lebih parah lagi.

Saat membersihkan dianjurkan untuk mengenakan masker pelindung, agar spora jamur tidak dapat masuk ke saluran pernafasan.

5. Bersihkan Lantai, Dinding, dan Langit-langit Rumah

Sub-lantai berbahan kayu, penutup lantai (vinil, karpet, linoleum) harus dilepas sesegera mungkin sampai benar-benar kering, diperkirakan proses ini memakan waktu yang sangat lama sampai beberapa bulan.

Buka jendela dan pintu, hal ini berguna untuk tereksposnya bagian ini dengan udara sebanyak mungkin. 

Dinding rumah yang menggunakan wallpaper disarankan sesegera mungkin dilepas, setidaknya sampai batas terkena banjir. Karena kertas bersifat menyerap air dan membuat dinding lebih susah kering. Selain itu, bisa menjadi sarang bakteri yang mengancam kesehatan.

Periksalah langit-langit untuk mengecek jika terjadinya kerusakan dan kebocoran atap. Untuk mencegah banjir terulang, jika hujan lebat turun kembali.

6. Aliran Listrik

Matikan aliran listrik secepatnya, hubungi petugas atau tukang listrik untuk minta diperbaiki dan diperiksa sebelum dinyalakan kembali.

Semua kabel harus dikeringkan sepenuhnya termasuk yang berada di balik dinding. Selain itu, insulasi yang basah terkena air juga harus diganti, serta sistem dan saluran pemanas atau pendingin juga butuh pemeriksaan dan pembersihan.

7. Alat elektronik

Peralatan elektronik yang terkena endapan lumpur dan pasir perlu diservis, dibersihkan, dan disanitasi. Sebelum dibersihkan dengan benar sebagiknya jangan digunakan terlebih dahulu, karena dapat menimbulkan kerusakan.

Pembersihan profesional sangat disarankan untuk barang elektronik seperti televisi, mesin cuci, kulkas, radio, dan lain-lain.

Bagian permukaannya memang bisa dibersihkan dengan tangan, namun yang berbahan logam itu harus diperiksa untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

8. Hubungi Pihak Asuransi

Apabila rumah dilindungi oleh asuransi, segeralah hubungi pihak asuransi dan tanyakan kerusakan apa saja yang dapat ditanggungnya.

Jika sudah mengetahui informasinya, buatlah daftar kerusakan apa saja yang terkena dampak dari banjir dan jangan lupa dokumentasikan menggunakan foto dan video.

Biasanya, pihak asuransi akan meminta dokumen lengkap untuk proses pencairan asuransi.

Semoga Bermanfaat!


Give Reaction

Blog Lainnya

  PROMO MERDEKA ONGKOS KIRIM Promo : Potongan Ongkos Kirim ...
Hadiah : • Juara 1 Uang Tunai Sebesar Rp. 1.000.000 • Juara 2 Uang Tunai Sebesar Rp. 500.000 ...
PROMO TUMBLER GRAFIR Promo : Gratis Ongkos Kirim Khusus Pembayaran ...
PROMO LIBUR LEBARAN Promo : Diskon 5% untuk semua produk  k...
Print UV Teknologi Print UV sedang berkembang belakangan ini. Berbagai macam media dapat digunakan dalam t...
Dropshipper, sebagai salah satu bisnis yang semakin menjamur di semua kalangan, ntah itu mahasiswa, ibu rumah tangga, a...
Dapatkan penawaran exclusive + voucher 25rb!